pengaruh lingkungan ekonomi makro perkembangan UIN JKT

makalah

One response to “pengaruh lingkungan ekonomi makro perkembangan UIN JKT

  1. ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN MAKRO TERHADAP PERKEMBANGAN UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

    Lingkungan makro adalah lingkungan luar yang secara tidak langsung ikut mempengaruhi dan memiliki peranan besar terhadap proses kegiatan serta eksistensi sebuah organisasi, termasuk di dalamnya adalah lembaga pendidikan. Keberadaan UIN Jakarta tidak lepas dari pengaruh dan permintaan lingkungan secara makro akan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan yang bernuansakan ke-Islaman. Dengan dasar kebutuhan serta permintaan dari konsumen inilah hingga sekarang ini UIN Jakarta menjadi salah satu Universitas terkemuka di Indonesia.
    Pengaruh besar yang sangat menunjang keberadaan UIN Jakarta adalah peranan masyarakat sebagai konsumen untuk memanfaatkan jasa layanan pendidikan yang diberikan oleh lembaga pendidikan ini. Dengan demikian faktor eksternal dari sebuah organisasi menjadi penentu dan tolak ukur akan kelangsungan hidup lembaga pendidikan serta dukungan yang memadai dari lingkup internal organisasia sendiri.
    Ada beberapa hal yang sangat mempengaruhi terhadap keberadaan UIN Jakarta dari sisi lingkungan makro diantaranya :

    1. Lingkungan Demografi
    Jakarta sebagai kota terbesar di Indonesia memiliki berbagai fasilitas terlengkap bila dibandingkan dengan kota-kota besar lainya. Selain itu, keberadaan Jakarta sebagai kota metropolitan meningkatkan gaya hidup serta kebutuhan hidup yang semakin tinggi bagi penduduknya. Kemewahan serta kelengkapan yang dijanjikan kota Jakarta inilah yang membuat penduduknya berkembang sangat pesat bahkan menjadi kota dengan penduduk terpadat.
    Pertumbuhan penduduk di Jakarta tidak lepas dari meningkatnya arus urbanisasi. Pada perhitungan kasar penduduk Jakarta (Jabodetabek) asli hanya berkisar 40% dan 60% lainya adalah pendatang dari berbagai wilayah. Pesatnya perkembangan penduduk inilah yang mengakibatkan tingginya berbagai permintaan serta kebutuhan masyarakat di Jakarta. Tidak terkecuali juga kebutuhan terhadap pendidikan.
    UIN Jakarta yang pada Awal berdirinya bernama AIDA dan kemudian berubah menjadi IAIN dan sekarang dideklarasikan sebagai UIN adalah perwujudan terhadap perubahan sebagai jawaban atas permintaan konsumen dan masyarakat. Melihat berbagi perubahan yang terjadi di UIN, itu sebagai tanda bahwa faktor demografi (pertumbuhan penduduk) menjadi salah satu acuan akan perkembangan dan perubahan yang harus dilakukakan.
    Letak yang setrategis yang dimiliki oleh UIN Jakarta menjadai akses tersendiri bagi kemudahan para konsumen dalam mendapatakan layanan yang ditawarkan. Secara geografis UIN berada di wilayah Tangerang Selatan dan secara Administratif UIN masuk ke wilayah DKI Jakarta.
    Berdasarkan pertumbuhan dan perkembangan penduduk di wilayah DKI Jakarta yang kini mencapai + 10.000.000 jiwa menjadikan peluang yang sangat besar dalam mengembangkan jasa layanan pendidikan yang diberikan. Kebutuhan serta keragaman penduduk di Jakarta yang sangat tinggi serta bervariatif mengisyaratkan sinyalemen peluang bagi UIN terhadap kebutuhan konsumen semakin tinggi.
    Dari alur pertumbuhan penduduk di Jakarta, setiap tahunya terus meningkat. Skala peningkatan jumlah penduduk ini tidak menutup bergairahnya tingkat kebutuhan terhadap pendidikan yang bernuansakan ke-Islaman seperti yang tengah dikembangkan oleh UIN Jakarta. Pengaruh yang jelas sekali terlihat adalah semakin tingginya jumlah mahasiswa yang belajar di UIN Jakarta. Meskipun 20% dari mahasiswa yang belajar adalah pendatang, namun 80% mahasiswa yang ada berdomisili di wilayah Jabodetabek.
    Perkembangan dan pertumbuhan penduduk ini memberikan pengaruh yang sangat luar biasa tehadap eksistensi dan keberadaan UIN yang hingga saat ini mampu menampung kurang lebih dari 22.000 mahasiswa dengan berbagai jurusan. Jadi sangat jelas bahwa pengaruh pertumbuhan penduduk serta kemajuan pola pikir dan teknologi akan sangat memperngaruhi terhadap perkembangan lembaga pendidikan UIN Jakarta.
    Keunggulan yang dimiliki kota jakarta semakin meningkatkan persaingan yang ketat dalam berbagai sendi kehidupan. Salah satunya adalah jumlah lulusan akademik. Dari prosentase rerata jumlah lulusan akademik di Jakarta yaitu : SD 15%, SLTP 20% SLTA 40% dan PT 25%. Dengan tingginya jumlah lulusan SLTA sederajat maka sangat besar sekali peluang dan permintaan bagi UIN untuk bisa menampung para lulusan SLTA untuk melanjutkan study di jenjang yang lebih tinggi.

    2. Lingkungan Ekonomi
    Tingkat perekonomian masyarakat Jakarta yang rata-rata menengah keatas merupakan peluang tersendiri bagi UIN dalam memenuhi kebutuhanya akan peserta didik serta layanan bagi konsumen terhadap pendidikan. Dalam perkiraan kasar penduduk Jakarta terdiri dari 60% masyarakat kelas menengah keatas dan 40% lainya adalah kalangan masyarakat menengah kebawah. Namun demikian, kasta ekonomi akhir-akhir ini bukan menjadi penghalang bagi para calon pelajar dalam usaha memperoleh pendidikan yang layak. Hal ini dapat saya ambil kesimpulan dari banyaknya mahasiswa UIN Jakarta yang bekerja paruh waktu untuk membantu biaya pendidikan.
    Perubahan kebutuhan pendidikan yang semakin baik dimasyarakat kota Jakarta tidak lepas dari persaingan hidup yang semakin kompleks. Dengan semakin tingginya kebutuhan ekonomi meningkat pula berbagai kebutuhan yang lain terutama dalam bidang pendidikan. Peluang yang sangat besar bagi jasa pendidikan seperti UIN untuk terus mengembangkan diri serta memasarkan jasa yang dimiliki agar mampu meraih kesempatan menjadi lembaga pendidikan yang bertaraf Internasional.
    Kekuatan perekonomian di Jakarta tidak lepas dari pesatnya perkembangan dunia usaha industri dan dunia usaha. Dalam memenuhi perminataan dunia Industri dan dunia usaha adalah tuntutan tersendiri bagi lembaga pendidikan termasuk UIN untuk menyediakan lulusan yang dibutuhkan.

    3. Lingkungan Alam
    Secara umum lingkungan alam di Jakarta menjadi problem yang sangat sulit diselesaikan. Dengan pesatnya pertumbuhan penduduk dan berkembangnya berbagai industri menjadi masalah tersendiri terhadap ketersediaan sumber daya alam di Jakarta. Namun dari dampak negatif yang dimunculkan, juga terdapat dampak positif. Diantaranya adalah dengan berkembangnya jumlah penduduk serta sektor industri dan perekonomian menjadikan kebutuhan pendidikan semakin tinggi pula.
    Efek yang sangat nampak di UIN Jakarta adalah terus meningkatnya peminat (konsumen) untuk menimba Ilmu di Universitas ini.

    4. Lingkungan Teknologi
    Sudah tidak diragukan lagi kemewahan serta kelengakapan yang ada di Jakarta menjadi aset serta daya tarik tersendiri bagi para penduduknya. Salah satunya adalah sarana teknologi. Jakarta memeiliki sarana teknologi yang sangata lengakap. Berbagai jaringan fasilitas komunikasi dan teknologi telah tersedia dengan baik dan sangat membantu berbagai kegiatan yang ada di kota ini termasuk lembaga pendidikan UIN.
    Kemajuan teknologi yang kini sudah menjadi kebutuhan masyarakat akan selalu menuntut kebutuhan terhadap pendidikan agar mampu menguasai teknologi yang berkembang. Kemudahan akses berbagai informasi menjadi salah satu daya jual tersendiri bagi UIN Jakarta untuk menarik minat konsumen terhadap jasa layanan yang diberikan. Misalnya saja teknologi komunikasi yang akhir-akhir ini sudah bisa diperoleh dengan tanpa batas waktu dan tempat.
    Dari sisi eksternal dengan kemajuan teknologi adalah berbagai fasilitas yang mampu mendukung keberadaan UIN Jakarta, misalnya saja sarana transportasi, jaringan komunikasi, sarana layanan umum, dll. sedangkan dari sisi internal adalah berbagai macam peralatan serta media yang mampu menghadirkan sistem pembelajaran yang efektif dan efisien.

    5. Lingkungan Politik
    Lingkungan politik yang terkait langsung dengan dunia pendidikan (UIN) adalah berbagai kebijakan yang diberikan oleh pemerintah dalam operasionalisasi kegiatan pendidikan. Dewasa ini yang sedang berkembang adalah perubahan perguruan tinggi menjadi badan layanan umum (BLU) menjadi tuntutan tersendiri bagi UIN untuk menunjukkan eksistesnsinya dalam berkiprah di dunia pendidikan secara mandiri.
    Kemampuan serta keuletan dalam menjalin kerjasama dengan pihak/organisasi lain adalah kunci yang harus dipegang oleh UIN agar mampu bertahan ditengah persaingan dan semakin banyaknya bermunculan lembaga pendidikan dengan jenis yang sama.
    Pertumbuhan dan perkembangan berbagai organisasi dan lembaga yang ada di wilayah Jakarta menjadi indikasi bahwa semakin banyak UIN menjalin kerjasama dengan pihak lain, semakin besar pula kesempatanya untuk tetap bertahan di kancah dunai pendidikan.

    6. Lingkungan Budaya
    Beragamnya penduduk yang ada di Jakarta menjadikan banyak sekali budaya yang berkembang di dalamnya. Keberagaman itu justru meningkatkan tingginya persaingan hidup dan tuntutan kebutuhan ekonomi yang sangat variatif. Salah satu pembentuk budaya di Jakarta adalah pesatnya kemajuan teknologi yang menuntut kemampuan dan ketrampilan setiap individu untuk menguasainya. Suku, agama, ras, tradisi yang berkembang tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kebutuhan pendidikan pada masyarakat di Jakarta.
    Budaya hidup masyarakat Jakarta yang bergantung terhadap teknologi menjadi peluang tersendiri bagi dunia pendidikan untuk menyediakan layanan jasa sesuai dengan permintaan masyarakat yang selaras dengan perkembangan dan kemajaun teknologi. Dalam menjawab tantangan ini tentunya UIN jakarta harus mampu menyediakan dan memberikan serta mengajarkan berbagai ketrampilan dan pengetahuan tentang kebutuhan terhadap teknologi.

    Kelompok gado-gado
    ”analisis lingkungan makro terhadap perkembangan UIN Jakarta”
    1. Soim Setyo Pambudi
    2. Abdul Muaz
    3. Ferni Agustia Kristari
    4. Budi Kurniasari
    5. Nurul Hidayatullah
    6. Dwi Prasetiawati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s