STRATEGI UINDALAM BERSAING

analisa strategi dan kebijakan pengembangan UIN Syahid jakartafoto aing

3 responses to “STRATEGI UINDALAM BERSAING

  1. LANGKAH-LANGKAH UIN JAKARTA DALAM MEMENANGKANPERSAINGAN ANTAR PERGURUAN TINGGI NEGERI DI INDONESIA

    Universitan Islam Negeri Syarif Hidayatullah merupakan Perguruan Tinggi yang mempersiapkan lulusannya untuk memiliki nilai,sikap, pengetahuan, kecerdasan, keterampilan, kemampuan berkomunikasi dan kesadaran ekologi yang diarahkan pada pembentukkan manusia pembangunan yang berjiwa penuh pengabdian serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar dengan didasari nilai spiritual keimanan dan Ketaqwaaan.
    UIN perlu mengembangkan kekhasan dalam kurikulum dan proses pembelajarannya. Selain kualitas, kekhasan adalah modal utama perguruan tinggi untuk menarik mahasiswa di tengah ketatnya persaingan saat ini. Kemampuan sebuah perguruan tinggi dalam mengembangkan kekhasan menjadi salah satu unggulan. Oleh karena itu, seluruh program studi di universitas perlu didorong untuk menemukan kekhasan masing-masing yang membedakannya dengan program studi sejenis di universitas lain.
    Pengembangan akademik juga menunjukkan kemajuan, Setiap tahun ditambah dan dikembangkan laboratorium untuk mendukung jurusan yang ada, dan demikian pula penambahan koleksi buku perpustakaan. Beberapa jurnal dan majalah mulai terbit, baik yang dikelola oleh lembaga tingkat universitas maupun yang ditangani oleh masing-masing fakultas. Kegiatan diskusi rutin dosen, penulisan buku, kegiatan penelitian berjalan dan hal itu dapat dilihat dari jumlah laporan penelitian yang dihasilkan.
    Pesatnya perkembangan dan pertumbuhan berbagai perguruan tinggi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya memberikan sinyalemen bahwa kebutuhan terhadap pendidikan di negeri ini semakin meningkat. Berbagai perkembangan dan pertumbuhan ini tentunya membawa dampak persaingan yang sangat ketat antar lembaga pendidikan dalam menarik minat konsumen. Dalam konteks persaingan ini nmuncul dampak positif, yakni lembaga pendidikan berlomba-lomba memberikan layanan jasa pendidikan yang berkualitas dan berkompetendi sesuai dengan bidang dan jurudan masing-masing.
    Menjawab permintaan konsumen, pasar kerja, dunia usaha dan dunia industri akan kebutuhan tenaga yang profesional tentunya memerlukan proses pendidikan yang kompetitif. Kemampuan lembaga pendidikan dalam menghasilkan produk yang berkualitas menjadi tuntutan utama agar bisa bersaing dalam menarik pilihan dan minat konsumen. Keunggulan produk yang dihasilkan oleh UIN dengan berbagai bidang jurusan dengan di bentengi pengetahuan agama menjadikan para alumninya memiliki kompetensi intelektual dan spiritual.

    BAGAIMANA LANGKAH-LANGKAH UIN UNTUK MEMENANGI PERSAINGAN ANTAR PERGURAUAN TINGGI NEGERI

    1. MENGEMBANGKAN JURUSAN DAN PROGRAM PENDIDIKAN
    Beragamnya permintaan pasar kerja terhadap tenaga yang dihasilkan oleh UIN menuntut untuk dengan cepat membuka berbagai macam jurusan serta program pendidikan agar kompetensi lulusan yang dihasilkan sesuai dengan permintaan. Dalam kerangka memperkuat peranannya tersebut UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berkomitmen untuk mengembangkan diri sebagai Universitas Riset (Research University) dan Universitas Kelas Dunia (World Class University).
    Universitas Riset dapat diartikan sebagai universitas yang menjadikan tradisi riset sebagai basis normatif aktivitas universitas. Secara operasional, universitas riset adalah universitas yang mengimplementasikan sistem pendidikan berbasis riset dengan menerapkan Kurkulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan SKS secara utuh; keseluruhan aktivitas penelitian menerapkan standar ilmiah; penyelengaraan manajemen universitas mengacu pada penerapan total quality management (TQM); dan mengupayakan produk-produk unggulan perguruan tinggi yang diapresiasi publik.
    Sebagai bentuk re-integrasi ilmu, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sejak tahun akademik 2002/2003 menetapkan nama-nama fakultas sebagai berikut:
    a. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
    b. Fakultas Adab dan Humaniora
    c. Fakultas Ushuluddin dan Filsafat
    d. Fakultas Syari’ah dan Hukum
    e. Fakultas Dakwah dan Komunikasi
    f. Fakultas Dirasat Islamiyah
    g. Fakultas Psikologi
    h. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
    i. Fakultas Sains dan Teknologi
    j. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
    k. Sekolah Pascasarjana

    2. PROMOSI DAN PEMASARAN
    Aspek yang sangat penting terhadap pemasaran dan persaingan antar lembaga pendidikan adalah model dan strategi dalam melakukan kegiatan promosi dan pemasaran. Dengan berbagai promosi yang dilakukan oleh UIN, dapat kami lihat sekarang beragamnya mahasiswa yang menimba ilmu di sini datang dari berbagai daerah di Indonesia bahkan dari beberapa Negara lain.

    3. PEMENUHAN LAYANAN SARANA
    Ketersediaan sarana yang berupa gedung, ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, student centre, sarana ibadah dan sarana olahraga, dan sarana lain adalah hal yang paling vital bagi sebuah perguruan tinggi termasuk UIN dalam rangka proses berbagai kegiatan perkuliahan dan kegiatan lainya. Dalam menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat, UIN harus bisa mengikuti perkembangan zaman dan bisa tanggap terhadap perkembangan teknologi serta mampu menerapkan secara menyeluruh kepada semua civitas akademika namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai akhlak mulia.
    Kemajuan berbagai teknologi jika tidak segara di ikuti akan cepat tertinggal. Selain itu, dukungan berbagai sarana dan prasarana perkuliahan, menjadi hal yang sangat penting karena perkuliahan yang diadakan di lokal hanya bisa dirasakan secara singkat, oleh sebab itu dukungan berbagai sarana dan prasarana lain sangatlah vital misalnya adanya lab yang memadai semua jurusan. Sehingga mahasiswa bisa berkreasi selesai jam kuliah.
    Memberikan sarana dan prasarana untuk kegiatan non akademik kepada semua civitas akademika, hal ini akan membentuk kepribadian yang kuat dan sehat. Selain itu, pihak universitas mampu merangkul orang tua mahasiswa untuk saling mendukung terciptanya keharmonisan. Disamping itu terjadi keharmonisan juga antara mahasiswa dan dosen yang mengajar. Ini sangat sesuai dengan fungsi Perguruan Tinggi yakni menyelenggarakan, membina dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran.
    Berbagai kreativitas mahasiswanya harus dikembangkan dengan cara menyediakan berbagai sarana kreasi misalnya berbagai sanggar seni, fasilitas lingkap semua olah cabang olah raga yang dipertandingkan di Sea Game. Artinya UIN sebagai Perguruan Tinggi mampu menjawab kreativitas mahasiswa yang bisa di salurkan secara benar dan di fasilitasi

    4. PENGADAAN MEDIA PEMBELAJARAN
    Sarana lain yang tak kalah penting dalam proses pembelajaran adalah ketersediaan media pembelajaran yang sarat dengan kemajuan teknologi. Dengan adanya berbagai media yang memadai akan sangat menunjang terhadap efektifitas dan efisiensi kegiatan perkuliahan. Kemampuan UIN untuk membaca perkembangan teknologi dan mampu menerapkan sistemnya kepada system yang bagus. Misalnya system pembayaran bisa dilakukan secara manual atau elektronik, mengisi berbagai lembaran KRS ( Kartu Rencana Studi ) secara online atau manual, system keuangan yang transparan dan bisa di pertanggungjawabkan kepada semua mahasiswa.
    Hal ini sesuai dengan perkataan Richard C. Atkinson, presiden University of California bahwa Teknologi informasi dan komunikasi seperti internet dan World Wide Web menyediakan peralatan baru yang sangat ampuh dalam membentuk jaringan global untuk pengajaran dan riset. Saat ini, proses pembelajaran masih mengadalkan landasan yang kurang mencakupi untuk proses interaksi berkualitas tinggi.
    5. SISTEM AKSES JARINGAN INFORMASI
    Kemampuan UIN dalam mengembangkan berbagai jaringan system informasi akan berpengaruh terhadap kemudahan berbagai akses informasi bagi para masyarakat, mahasiswa dan berbagai pihak sivitas akademika. Sekarang masih jarang Perguran Tinggi yang bisa dimasuki oleh semua lapisan masyarakat yang tidak mampu, Perguruan Tinggi yang ingin memenangkan persaingan mampu melihat dan empati terhadap persoalan ini, banyak diantara siswa/siswi lulusan SMA sederajat yang memiliki kemampuan cemerlang atau cerdas secara akademis namun tidak bisa masuk ke Perguruan Tinggi yang di indamkan. Maka kesempatan inilah yang harus dijadikanpeluang untuk menjawab kendala-kendala yang dirasa oleh kalangan siswa yang tidak mampu tetapi memiliki kecerdasan yang baik. Hal ini sesuai dengan fungsi Perguruan Tinggi yakni menyelenggarakan, membina dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kehidupan manusia pada umumnya dan bangsa Indonesia pada khususnya.

    6. PENINGKATAN MUTU TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
    Strategi yang membawa dampak sangat besar bagi perkembangan UIN adalah pengiriman tenaga Dosen ke beberapa Negara maju termasuk ke kairo mesir. Implikasi dari pengiriman ini adalah banyak dibukanya program dan jurusan baru di UIN dengan tanpa meninggalkan khas ke-Islamanya.
    7. PENGEMBANGAN PRASARANA
    Pengambangan sarana yang dilakukan oleh UIN diantaranya adalah sarana akses jalan raya yang bekerja sama dengan pemerintah Tangerang Selatan. Selain itu, ada juga pembangunan halte yang berfungsi sebagai akses transportasi bagi kendaraan umum di sekitar kampus UIN. Program yang paling baru adalah system keamaanan perpakiran yang dikembangakan dengan bekerja sama dengan pihak pengelola drum parking.

    8. MENJALIN KERJA SAMA DENGAN PIHAK-PIHAK LAIN
    Kerjasama yang dibangun UIN akan mempengaruhi terhadap keberadaan dan eksistensi UIN sendiri ditengah ketatnya persaingan perguruan tinggi yang ada di Jakarta dan sekitarnya.
    9. KEJELASAN PEMBIAYAAN

    Banyak sekali Perguruan Tinggi yang tidak memberikan kejelasan serta transparansi mengenai pembiayaan perkuliahan secara rinci dan terkesan menyembunyikan. Dalam menjawab tantangan ini seharusnya UIN bisa memberikan rincian pembiayaan secara detail dan bisa dipertanggungjawabkan dan informasi ini bisa diakses dan bisa didapatkan oleh semua kalangan dari strata sosial melalui situs web misalnya atau informasi yang langsung disampaikan kepada sekolah-sekolah setingkat SMA. Hal ini akan mengurangi tingkat kekecewaan mahasiswa yang dari daerah pelosok, yang ketika di sekolahnya ia mendapatkan biaya kuliah yang ringan, namun ketika langsung mendatangi kampus, biaya kuliah berbeda.

    10. BANTUAN BEASISWA

    Sebagai contoh dalam idikator untuk memenagkanpersaingan ini adalah jika UIN memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa/i yang tergolong tidak mampu, dengan syarat misalnya IPK minimal 2.75 atau 3.00. Hal ini disamping meningkatkan kualitas universitas juga sangat membantu mahasiswa yang bersangkutan

    11. MENGEDEPANKAN PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN

    Pada umumnya suatu universitas hanya memperhatikan keberhasilan secara akademik namun tidak di ikuti oleh pembekalan kepribadian. Hal ini bisa dilihat dari berbagai survei dari lembaga-lembaga yang telah melakukan penilitian, tingkat kenakalan dan penyebaran narkoba banyak terjadi dikalangan mahasiswa. Maka tuntutan bagi UIN adalah membentuk kepribadian mahasiswa yang santun dan sesuai dengan nilai-nilai pancasila serta memiliki nilai akhlak yang mulia. Hal ini sudah mulai di lakukan oleh berbagai universitas Islam misalnya Universitas Islam Indonesia, dll.

    12. VISI DAN MISI YANG JELAS DAN BISA DIWUJUDKAN

    Visi dan misi yang jelas dan proporsional bisa dan mampu untuk visi dan misi itu, serta bisa menerjemahkan semua visi dan misi itu kepada semua civitas akademika, artinya semua kegiatan yang dilakukan oleh kalangan civitas akademika bercermin pada visi dan misi universitas.

    13. AKREDITASI YANG BAIK SECARA MENYELURUH.

    Akreditasi menyeluruh maksudnya adalah kalangan pengajar yang berkompetan, karyawan yang professional dan pimpinan yang santun,sarana dan prasarana, Kurikulum, pegelolahan lembaga, pengelolahan program, pengelolahan pembelanjaan, evaluasi dan hasil kerja, berdasarkan penilaian Badan Akreditasi Nasional ( BAN-PT)

    .
    14. MERUPAKAN INTITUSI PENCERAHAN

    Artinya UIN harus mampu memberikan berbagai dampak positif dan andil yang sangat besar terhadap kemajuan bangsa. Hal ini bisa diwujudkan apakah seseorang tersebut masih dalam status mahasiswa ataupun telah tamat. Universitas mampu menjawab berbagai kendala dan tantang baru yang terus datang sehingga memberikan pencerahan kepada masyarakat ketika masih berseragam mahasiswa ataupun telah tamat.

    15. BAKTI KEPADA MASYARAKAT SECARA BERKESINAMBUNGAN

    UIN sebagai universitas terkemuka di Indonesia seharusnya bisa menjawab tantangan ini, hal ini bisa dilakukan misalnya mahasiswa diwajibkan untuk magang atau KKN/PPKT di semester yang telah ditentukan. Mengapa universitas harus memberikan dampak yang besar terhadap perkembangan yang ada, inilah tugas Perguruan Tinggi yang bisa empati dan mampu menjawab problem ini, sehingga berbagai kegiatan ekstra setiap bulannya dilakukan untuk bakti kepada masyarakat, misalnya kerja bakti masal membersikan saluran air di daerah rawan banjir misalnya.

    16. SEJALAN DENGAN CITA-CITA BANGSA INDONESIA

    Inilah pokok akhir Perguruan Tinggi yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur para pejuang dan bangsa ini, tetap tanggap terhadap perkambangan zaman namun tetap mampu mengembangkan seni dan budaya sehingga tidak punah, serta mampu sejalan dengan cita-cita bangsa yang semua bisa di hadirkan dalam suasana perkuliahan yang nyaman dan aman.

    STRATEGI UIN UNTUK BERSAING

    Keberadaan serta eksistensi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, tidak lepas dari kemampuan dalam menempatkan dirinya dengan menghadirkan serta melahirkan berbagai keunggulan melalui civitas akademinya dalam berbagai bidang. Kemampuan UIN menghadirkan perbedaan pangsa pasar dalam produknya, menjadikan sebagai pilihan utama konsumen dalam memilih Perguruan Tinggi meskipun memiliki banyak kompetitor baik yang sejenis ataupun secara umum memiliki kesamaan.
    Menurut strategi bersaing yang dikemukakan oleh Michael Porter, menjadi semacam siasat bagi UIN untuk menjaga serta memajukan perkembangan pendidikan dalam lingkup persaingan antar Perguruan Tinggi. Adapun strategi itu meliputi :

    1. DIFFERENSIASI

    Penawaran yang diberikan oleh UIN kepada para konsumen dan calan konsumen adalah dengan memberikan berbagai program pilihan serta jurusan yang sesuai dengan kriteria, bakat serta minat calon mahasiswa yang kesemuanya diolah menjadi sebuah produk yang berkualitas serta berkompetensi dan mampu bersaing dalam dunia industri dan dunia usaha. Kompetensi pengetahuan, skill, dan keagamaan adalah ciri khas pengembangan pendidikan yang ada di UIN, sehingga setiap akademi lulusan yang dilahirkan mampu menguasai berbagai kemampuan baik dalam bidang science maupun spiritual keagamaan.
    Perbedaan penawaran ini memang memiliki beberapa Perguruan Tinggi sejenis sebagai kompetitor. Namun demikian, status UIN sebagai Universitas Negeri menjadikanya kian kokoh ditengah ketatnya persaingan baik dalam mencetak lulusan maupun melahirkan generasi baru dengan kemampuan intelektual serta spiritual.

    2. KEUNGGULAN BIAYA (low cost)

    Sudah menjadi rahasia umum bahwa lembaga pendidikan kini menjadi lahan bisnis komersialisasi. Hal ini tidak bisa diingkari lagi, karena dalam proses kegiatanya setiap Perguruan Tinggi memerlukan biaya yang besar untuk memenuhi operasionalisasi yang mengedepankan kulitas serta kompetensi.
    Strategi yang sangat tepat diambil oleh UIN adalah dengan menekan biaya pendidikan bagi para mahasiswa, sehingga berbagai kalangan masyarakat bisa memperoleh serta mengakses pendidikan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penekanan biaya administrasi dan perkuliahan ini sangat jauh lebih murah bila dibandingakan dengan berbagai Universiatas Negeri lain di Indonesia baik yang umum ataupun yang sejenis. Dampak yang sangat mencolok dari penekanan biaya pendidikan ini adalah terus meningkatnya grafik jumlah mahasiswa/i yang menimba ilmu di UIN Syahid jakarta.
    Selain itu, UIN juga memberikan berbagai beasiswa kepada para alumni Madrasah Aliayah / Pesantren yang berprestasi untuk melanjutkan pendidikan, Beasiswa prestasi, beasiswa kurang mampu serta pertukaran mahasiswa dengan Universitas lain baik dalam negeri maupun luar negeri. Satu hal yang tak kalah penting adalah dibukanya perkuliahan untuk program non reguler (kelas malam). Dengan program ini, sebagian besar masyarakat yang sudah bekerja bisa melanjutkan pendidikanya dengan berbagai program dan jurusan yang tak berbeda dengan program Reguler. Program non reguler yang dikembangkan UIN sangat membantu para karyawan yang ingin meneruskan studi dengan harga yang terjangkau tetapi tetap berkualitas.

    3. FOKUS

    Komitmen UIN untuk mencetak para mahasiswa yang memiliki kemampuan intelektual serta spiritual adalah bentuk kefokusan UIN dalam mengembangkan program pendidikan yang mengacu pada Knowlodge, Piety, Integrity. Kekhasan UIN untuk mengembangkan pendidikan berbasis keagamaan semenjak awal dari PTAIN sampai menjadi UIN adalah salah satu strategi yang menjadi peluang untuk tetap diminati masyarakat sebagai konsumen karena perbedaan jenis pendidikan yang ditawarkan.
    Kefokusan dari berbagai program dengan pembekalan ilmu agama ini tidak mempengaruhi terhadap kompetensi para lulusan yang menempuh pendidikan di program jurusan umum. Itulah sebabnya, sampai saat ini UIN mampu bersaing secara sehat dengan berbagai Perguruan Tinggi Negeri lainya di Indonesia baik yang sejenis ataupun Perguruan Tinggi Negeri umum.

    ”STRATEGI UIN JAKARTA DALAM BERSAING DENGAN PERGURUAN TINGGI NEGERI LAIN”

    by..Soim Setyo Pambudi

  2. hmm…
    strategi uin memang cukup menjamin dalam kemajuannya.. tapi, bagaimana dengan kemajuan para alumnusnya???
    banyak sekali sarjana pengangguran…
    apakah UIN ikut bertanggungjawab akan hal itu??
    soo, dalam artikel diatas belum dijelaskan dengan detail mengenai ke khasan apa saja yg dimiliki stiap program studi di UIN???

    TK..

  3. NIDA……
    trimakasih banget udah kasih saran…..

    mengenai itu nanti saya cari informasi yang lebih akurat….

    tambahkan tulisanmu yang mungkin bermanfaat buat teman-teman disini..

    trimakasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s