contoh kegiatan proyek pernikahan

About these ads

3 responses to “contoh kegiatan proyek pernikahan

  1. KATA PENGANTAR

        
    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Adalah suatu kebahagiaan bagi kami yang telah diberikan kepercayaan untuk dapat membantu pelaksanaan pernikahan Dina dan Doni, putra – putri dari keluarga Ibu dan Bapak Hasan Achmad serta Ibu dan Bapak Jaya Suprana
    Sebagai langkah awal kami menyusun buku pedoman ini untuk digunakan sebagai pegangan bagi para ibu dan bapak serta saudara-saudara yang tergabung dalam kepanitiaan demi kelancaran pelaksanaan acara pernikahan ini.
    Semoga kedua calon mempelai yang akan menempuh hidup baru ini selalu ada dalam lindungan serta dilingkupi oleh Hidayah dan Taufiq Allah SWT. Serta menjadi sebuah keluarga yang sakinah, mawadan, dan warrahmah. amien.

    Wassalam,

    Panitia

    OUT LINE PROYEK RESEPSI PERNIKAHAN DINA DAN DONI
    01 Agustus 2010

    1. Permasalahan:
    “Menyelenggarakan Resepsi Pernikahan Dina dan Doni”

     Harapan
    • Menyelenggarakan resepsi pernikahan dina dan doni dengan lancar, khidmad dan meriah.
    • Menyediakan segala kebutuhan baik yang bersifat moril maupun materiil agar prosesi resepsi tidak terjadi Kendala yang berarti
    • Meminimalisir berbagai kendala yang mungkin terjadi yang berkaitan dengan prosesi, konsumsi dan dekorasi.
     Kenyataan
    • Dalam proses resepsi pernikahan yang terjadi sebelumnya, selalu ada masalah kecil yang menghambat, misalnya: transportasi, kapasitas ruangan pesta, Jamuan makanan, dll.
    • Resepsi pernikahan adalah upacara yang sakral, didalamnya terdapat hal-hal yang kadang sukar diduga.

     Rumusan masalah
    “proyek resepsi pernikahan Dina dan Doni dengan menggunakan adat Nasional”.
    Dengan merumuskan dan merencanakan pesta resepsi pernikahan diharapkan akan mengurangi kemungkinan masalah yang biasa timbul.

    2. Alternatif
    Uraikan singkat :
     Paket Wedding Internasional
    Menyelenggrakan Resepsi Pernikahan dengan adat Internasional adalah menyenggelarakan pesta dengan prosesi upacara yang diadopsi dari budaya barat. Beberapa hal menjadi kendala dalam melaksanakan alternative ini, sehingga tidak saya lanjutkan.
     Paket Wedding Nasional
    Paket ini adalah resepsi pernikahan yang mengadopsi dari budaya Indonesia secara nasional. Kelebihan paket ini adalah kita telah mengenal bagaimana prosesi pernikahan ini untuk dilaksanakan.
     Paket wedding Adat Jawa
    Dengan menggunakan paket pernikahan adat jawa beberapa kelemahanaya adalah ritual adat yang terkadang berkesan aneh untuk dilaksanakan.
     Paket wedding Adat Sunda
    Seperti halnya dengan paket pernikahan jawa, di adat sunda juga memiliki istiadat yang berkesan aneh untuk dilaksanakan.

    3. Kriteria penilaian
    Uraikan singkat,
    a. Biaya : Biaya adalah komponen utama penunjang setiap kegiatan operasinal proyek. Dalam melaksanakan resepsi pernikahan antara Dina dan Doni tentunya saya sebagai pihak EO telah memperhitungkan berapa keperluan biaya dan seberapa besar tingkat efektifitas dan efisiensinya dalam kegiatan ini. Untuk semua biaya yang harus dikeluarkan ditanggung oleh pihak keluarga mempelai wanita (Dina).

    b. Waktu : Ketepatan waktu dan kecermatan dalam merencanakan kegiatan pernikahan adalah hal yang sangat vital. Saya merencanakan resepsi pernikahan Dina dan Doni pada hari minggu 01 Agustus 2010, dan pada tanggal 31 Juli diadakan upacara siraman yang bertempat di kediaman mempelai wanita/ Dina.

    c. SDM : Sumber daya dalam resepsi ini adalah kedua mempelai pia dan wanita, keluarga besar dari kedua belah pihak, kerabat, teman serta kolega yang menjadi pendukung utama. Sedangkan SDM penunjang adalah pihak pengelola gedung, Dekorasi, Katering, Dokumentasi, Tata Rias, tamu undangan, dll.

    d. Resiko : Prioritas dalam kegiatan ini adalah menyelenggarakan pesta pernikahan dengan meriah tanpa ada halangan ataupun hambatan. Dengan menggunakan adat Nasional, kemungkinan resiko upacara resepsi akan dapat dihindari.

    4. Analisis
     Kuantitatif

    NO ALTERNATIF WAKTU BIAYA SDM RESIKO PERINGKAT
    100 80 80 40
    1 Paket Wedding Internasional 20 25 25 25 7200
    2 Paket Wedding Nasional 35 30 30 25 9500
    3 Pake Wedding adat Sunda 20 20 20 25 6200
    4 Paket Wedding Adat Jawa 25 25 25 25 7500

    5. Formulasi Proyek
     Tujuan
    Tujuan dari kegiatan ini adalah penyelenggaran Upacara perkawinan Dina dan Doni dengan menggunakan adat Nasional yang bertempat di Aula Serba Guna UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada hari minggu 01 Agustus 2010.
     Sasaran
    Sasaran kegiatan ini meliputi
    1. Menyiapkan Katering untuk konsumsi pernikahan dari pihak “Mega Catering Service” telah dicapai kesepakatan sebulan sebelum resepsi (12-07-2010)
    2. Menyiapkan Dekorasi pelaminan + Rias Ruangan, Rias Pengantin, dipastikan dua minggu sebelum hari H.
    3. Sewa gedung untuk hari minggu 01 Agustus 2010, keputusan pada dua minggu sebelumnya (19-07-10) berikut pembayarannya.
    4. Menyusun desain lay out untuk dekorasi dan penataan gedung.
    5. Upacara Siraman, Sabtu 31 Juli 2010 di kediaman mempelai wanita/ Dina
    6. Prepare/persiapan kegiatan di Aula Serba Guna, 31 Agustus 2010
    7. Akad nikah pada hari minggu pagi pukul 07.30 WIB. 01-07-2010 di Aula Serba guna UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
    8. Pelaksanaan Resepsi Pernikahan, 01-07-20010, mulai pukul 11.00 WIB. Sampai dengan pukul 14.00 WIB., bertempat di Aula Serba Guna UIN.
     Skope dan pengecualian
    Ruang lingkup event kegiatan pernikahan Dina dan Doni
    1. Minggu, 01 Agustus 2010 Akad Nikah di gedung Aula UIN
    2. Minggu, 01 Agustus 2010 Syukuran Resepsi Pernikahan Di Gedung Aula Syahida Inn. UIN Syahid Jakarta
    Beberapa hal yang tidak masuk kedalam proyek kegiatan ini adalah :
    1. Lamaran yang telah dilakukan.
    2. Kamis, 29 Juli 2010 Khatam Al-Quran & Pengajian
    3. Jum’at, 30 Juli 2010 Siraman di kediaman mempelai perempuan dan Seserahan
    3. Undangan dan Souvenir
    4. Transportasi dan kendaraan pengantin
    5. Hotel dan penginapan bagi kedua mempelai selama bulan madu
    6. penginapan bagi tamu/kerabat dari kedua belah pihak keluarga.
    7. Penataan kendaran perparkiran

    RENCANA PROYEK

    Untuk memudahkan dalam pelaksanaan resepsi kegiatan pernikahan Dina dan Doni, maka saya selaku penyelenggara kegiatan, menyusun rencana dan jadual yang menjadi panduan pada pelaksanaan sesuai tanggal yang telah ditentukan. Dalam menyususn rencana ini, saya mengambil sistem tahap untuk memisahkan perihal apa saja yang harus dilakukan mulai dari yang sederhana sampai pada tingkat yang klimaks menjelang pelaksanaanya. Adapaun susunan acara kegiatan/ poyek yang akan saya kerjakan berdasarkan fase adalah :
    I. WBS Proyek berdasarkan fase/ tahapan :
    Pembagian tahapan perencanaan kegiatan meliputi :
    1. Menyiapkan/menyewa Katering untuk konsumsi pernikahan dari pihak “Mega Catering Service” telah dicapai kesepakatan sebulan sebelum resepsi (12-07-2010) dengan Bapak Mustakim untuk acara resepsi pesta pernikahan:
     Jumlah pesanan konsumsi menu utama katering disepakati dengan jumlah 700 porsi.
     Menu makanan gubug/ pondokan terdiri dari 7 macam yang masing-masing berjumlah 150 porsi
     Menentukan dekorasi cover meja katering dengan warna gold, serta renda hiasan berwarna putih.
     Memesan roll table/ meja bulat service untuk keluarga dan tamu VIP 5 buah + kursi.
     Membagi susunan penataan meja konsumsi, yaitu 2 buffe tamu undangan, 1 buffe untuk keluarga & VIP.
     Memesan meja penerima tamu 2 set.
     Membagi setiap makanan gubug/ pondokan menjadi 2 tempat/ masing-masing 150 porsi.
     1 set meja untuk acara akad nikah
    2. Menyiapkan/ menyewa Dekorasi pelaminan + Rias Ruangan, Rias Pengantin, dipastikan dua minggu sebelum hari H (17 Juli 2010) dengan pihak Ibu Tien Suherlan, yang terdiri dari :
     Ice carving 2 huruf dan ice tray.
     Janur dan umbul-umbul jalan
     Tutup pilar 1 pasang + rumbai-rumbai
     Pergola jalan
     Vas bunga penerima tamu
     Panggung dan karpet jalan
     Taman miniatur
     Pelaminan adat Nasional
     Buku tamu + spidol
     Tempat angpau dan souvenir
     MC untuk resepsi
    3. Memesan tata Rias & busana + asesories dengan Ibu Lilis Maharani untuk acara akad nikah dan resepsi, yang meliputi :
     Rias & busana pengantin untuk akad nikah
     Rias & busana pengantin untuk resepsi pesta.
     Rias & busana 2 orang pendamping pengantin
     Rias & busana penerima tamu 4 orang
     Rias & busana pagar ayu + pagar bagus 6 pasang
    4. Menyiapkan bagian Dokumentasi yang bekerjasama dengan Asbudi dan Nissa dari pihak Joss Vizualisation, yang meliputi :
     Photo satu album 20 sheet
     Video shooting 1 kali acara pada saat akad nikah dan pesta.
     Transver photo album dan video ke dalam VCD.
    5. Sewa gedung untuk hari minggu 01 Agustus 2010, keputusan pada dua minggu sebelumnya (19-07-10) berikut pembayarannya dengan pihak manajemen Syahida Inn.
     Sewa gedung untuk resepsi pada tanggal 1 Agustus 2001 sampai dengan pukul 15.00 WIB.
     memastikan fasilitas ruangan gedung terdiri dari :
    • Kursi tamu 200 buah
    • Sound system
    • lampu penerangan ruangan Aula
    • Ruang rias
    • Kamar mandi dan toilet
    • Ac ruangan
    • Panggung pelaminan.
     Sistem keamanan oleh pihak manajemen Syahida Inn.
     Sistem perpakiran dan pengaturan kendaraan tamu undangan.
     Kepastian pemakaian ruangan 1 hari sebelumnya untuk prepare.
    6. Menyusun desain lay out untuk dekorasi dan penataan gedung bersama panitia
    7. Kamis, 29 Juli 2010 Khatam Al-Quran & Pengajian, terdiri dari kegiatan :
     Pembukaan
     Sambutan oleh pihak keluarga
     Pelaksanaan pengajian dan khatam Al-Qur’an
     Ungkapan untuk orang tua
     Ungkapan untuk calon mempelai
     Pembacaan doa
     penutup
    8. Upacara Siraman, Sabtu 31 Juli 2010 di kediaman mempelai wanita/ Dina, acara siraman terdiri dari :
     Pembukaan
     Sambutan keluarga mempelai wanita
     Sambutan dari keluarga mempelai pria
     Khutbah siraman
     Pelaksanaan upacara siraman
     Pembacaan doa
     Ramah tamah dan makan
     Penutup
    9. Prepare/ persiapan kegiatan di Aula Serba Guna, 31 Agustus 2010. Memastikan persiapan pelaksanaan akad dan resepsi perniahan dari setiap pihak yang telah disepakti kerjasamnya.
    10. Akad nikah pada hari minggu pagi pukul 07.30 WIB. 01-07-2010 di Aula Serba guna UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yaang terdiri dari kegiatan :
     Khutbah nikah
     Doa nikah
     Pembacaan Shiqot ta’li
     Penandatanganan buku nikah
     Penyerahan buku nikah
     Penyerahan mas kawin
     Pemasangan cincin kawin
     Sungkem kepada orang tua
     Ucapan selamat dari keluarga dan kerabat
     penutup
    11. Pelaksanaan Resepsi Pernikahan, 01-07-2010, mulai pukul 11.00 WIB. Sampai dengan pukul 14.00 WIB., bertempat di Aula Serba Guna UIN, terdiri dari :
     Pembukaan
     Sambutan perwakilan keluarga kedua mempelai
     Khutbah pernikahan
     Pembacaan doa
     penutup
     Ucapan selamat dari para tamu dan undangan
     Foto bersama
     Ramah tamah dan makan

    II. Rencana sumber daya manusia dalam resepsi pernikahan Dina dan Doni
    Susunan panitia pernikahan Dina & Doni
    1. Pemangku Hajat : Bpk. Hasan Achmad/ Orang tua mempelai Wanita
    2. Penasehat EO : Bpk. Baihaki
    3. Ketua Panitia : Soim Setyo Pambudi
    4. Wakil Ketua : Abdul Muaz
    5. Bendahara : Nur’aini
    6. Seksi-seksi :
    A. Perlengkapan : Ibu Hj. Sri Endang R
    B. Dekorasi : Ibu Tien Suherlan
    C. Acara : Bpk. Asbullah Bacem
    D. Konsumsi : Bpk. Mustakim
    E. Rias : Ibu Lilis Maharani
    F. Keamanan : Bpk. Dendi Wijaya
    G. Dokumentasi : Asbudi dan Nissa (Joss Vizualisation)
    H. MC : Eli Liyana
    I. Hiburan : Organ Tunggal pimpinan Bpk. Siregar
    J. Perijinan : Bpk. Qori Ayatullah

    Perincian Tugas Panitia
    1. Ketua
    a. Memimpin dan membagi tugas kepada tiap seksi.
    b. Mengatur rencana kerja dan anggaran
    c. Bertanggung jawab atas kelancaran kegiatan wedding
    d. Menyerahkan tanggung jawab pada hari H kepada Coordinator dan Contact Person
    2. Bendahara
    a. Mengelola keuangan dan menyesuaikan dengan anggaran
    b. Membukukan dan memonitor pengeluaran dana
    c. Membuat laporan pengeluaran dana setelah kegiatan selesai
    3. On-Field Coordinator
    a. Mengambil alih tugas ketua panitia pada hari H
    b. Mengkoordinasikan seluruh kegiatan seksi & vendor pada 1 bulan sebelum acara dan hari H
    b) Memastikan item-item pakaian dan perhiasan pengantin serta orang tua CPP dan CPW telah siap:
    c) Bertanggung jawab terhadap rundown acara pada hari H –akad sampai resepsi-
    d) Menjadi perwakilan kedua keluarga untuk berkomunikasi dengan vendor.
    e) kelancaran pemutaran slide show foto prewedding dan (mungkin) Memastikan panitia dan keluarga sudah mulai mempersiapkan diri untuk resepsi tepat pk 10:00
    f) Mengkoordinir agar pemakaian kostum resepsi seluruh panitia selesai tepat pk 10.00
    a. Mengkoordinasikan dengan on field coordinator untuk pengembalian kostum dan make-up kepada vendor.
    b. mengkoordinir penerima tamu untuk siap menerima tamu tepat pk 10.30 sampai pk 14.00
    c. mengkoordinir posisi usher mengingat mereka harus memandu para tamu untuk keliling ruangan.
    4. Contact person
    a. menjadi perwakilan dari masing-masing keluarga
    b. Person in-charge untuk kegiatan keluarga dan seluruh hal yang dibutuhkan kedua keluarga
    c. mengatur akomodasi keluarga
    d. Menyelesaikan semua transaksi keuangan dengan vendor pada Hari H
    5. Seksi Perlengkapan
    a. Koordinasi dengan seluruh seksi & vendor dan MC (akad + resepsi)
    b. Menyediakan dan malakukan pemasangan alat-alat pesta, audio-video + sound system ( mic , speaker dll koordinasi dengan pihak pengelola gedung )
    c. Menyediakan LCD, Projector untuk menampilkan foto Pengantin
    d. Menyediakan Genset untuk acara ( koordinasi dengan gedung)
    e. Mengkoordinasi Pemain musik, Makostum dan make-up para Usher dan Penerima Tamu kepada vendor.
    6. Seksi Dekorasi
    a. Koordinasi dengan on-field coordinator untuk acara
    b. Koordinasi untuk penataan meja konsumsi , kursi dll pada saat akad dan resepsi
    c. Karpet Merah
    d. Bantal, Meja, Kursi
    e. Koordinasi untuk Dekorasi Pelaminan
    f. Untaian Kain (di area akad dan tempat yang sudah ditentukan)
    g. Mendekorasi seluruh ruangan dan kolam renang dengan Flower Arrangement
    h. Buku penerima tamu ( 4 buah ) + spidol ( 4 buah )
    i. Kursi penerima tamu ( 4 buah )
    j. Kotak Angpau Berdiri / Meja Penerima Tamu 4 buah + plastik + kunci Koper 4 buah
    k. Menjaga agar dekorasi tetap terjaga dengan baik selama acara akad s/d resepsi selesai
    7. Seksi Transportasi
    a. Mendata kendaraan yang dipergunakan dan drivernya
    b. mengatur rute-rute dan jadwal kegiatan kendaraan
    c. Penjemputan penghulu pada pkl 06.45 ( Khusus Bapak Slamet Santoso )
    d. Pengantaran penghulu ke KUA setelah akad selesai (seksi transportasi CPP)
    e. Penjemputan Keluarga CPP ke tempat acara
    f. Penjemputan Keluarga CPW ke tempat acara
    g. penyediaan mobil untuk digunakan oleh mempelai ( seksi transportasi )
    8. Seksi Dokumentasi
    a. Koordinasi dengan on-field coordinator untuk acara
    b. berkoordinasi dengan ketua panita dan MC dalam mengatur jadwal pengambilan foto ( akad dan resepsi background pelaminan )
    c. menjadwal kegiatan-kegiatan yang harus difoto
    9. Seksi Konsumsi
    a. Koordinasi dengan on-field coordinator untuk acara
    b. Mengawasi penyediaan makanan selama acara berlangsung akad & resepsi- (list menu menyusul)
    c. Memastikan kelancaraan penyediaan makanan
    d. Mengawasi penyediaan makanan untuk pihak keluarga
    e. Mengkoordinir pembungkusan makanan untuk dibawa pulang
    f. Menyiapkan -+ 10 Bungkus Nasi Madura untuk Usher & Penerima Tamu
    g. menyiapkan -+ 10 Bungkus Nasi Madura untuk pemain musik
    h. Menyiapkan -+ 5 Bungkus Nasi Madura untuk on Field Coordinator
    i. Memastikan dan mengkoordinasikan dengan team service maroko untuk dapat membagikan porsi makanan kepada per tamu sesuai dengan porsi yang sudah ditentukan sebelumnya.
    10. Seksi Konsumsi Keluarga
    a. Mengawasi penyediaan makanan selama acara berlangsung akad & resepsi- (list menu menyusul) termasuk untuk pihak Keluarga
    b. Menjadi contact person pihak keluarga untuk konsumsi
    11. Seksi Keamanan
    a Melakukan pengamanan selama acara berlangsung
    b. Mengatur parkir bagi kendaraan keluarga dan panitia di lokasi acara
    c. Mengatur kelancaran Valet Service untuk para tamu undanagn
    d. Berkoordinasi dengan Satpam Rumah Maroko
    e. Hal Hal Yang harus dipantau keberadaannya:
    Ditunjuk Panitya Pihak Keluarga selalu menjaga tempat Angpau dan Souvenir ( Bude Keling – Malang )
    11. Seksi Rias
    a. Memastikan item-item pakaian dan perhiasan pengantin serta orang tua CPP dan CPW telah siap:
    b. Perias hadir di tempat rias
    c. Mengkoordinir agar kelancaran make up saudara CPW dan CPP
    12. Penanggung jawab seserahan dan mas kawin
    c. memantau lancarnya acara akad nikah
    d. menjemput pengantin wanita untuk mengikuti acara akad nikah
    e. bertanggung jawab dan menyimpan mas kawin kemudian memberikan kepada pengantin setelah acara selesai
    f. Memastikan acara akad nikah selesai sebelum pk 09.00
    13. Penanggung jawab angpaw dan kado serta souvenir
    a. memantau keamanan kotak angpau dan isinya saat acara berlangsung
    b. memasukkan isi kotak angpau ke dalam koper saat acara selesai
    c. membawa isi kotak angpaw dan kado saat acara selesai ke rumah orangtua pengantin wanita.
    d. Memantau pemberian souvenir kepada para tamu supaya jangan dobel.

    III. Rencana biaya resepsi pernikahan dina dan doni
    Seluruh kompenen pembiayaan yang digunakan dalam semua kegiatan yang menukung ataupun acara inti resepsi pernikahan ini ditanggung sepenuhnya oleh pemangku hajat Bpk. Hasan Achmad/ Orang tua mempelai Wanita. Aspek yang terkait langsung atau tidak langsung yang memerlukan biaya, maka seluruh pembayaranaya amenjadi beban pemangku hajat.

    ANGARAN BIAYA PERNIKAHAN DINA DAN DONI
    AULA SERBA GUNA SYAHIDA Inn. UIN JAKARTA
    01-Agust-10

    No Keterangan Jumlah harga @ Total
    1 Biaya gedung dan fasilitas pendukung 1 Paket Rp 6.000.000
    kursi tamu 200 buah
    sound system
    keamanan
    perpakiran
    ruang rias

    2 konsumsi/ katering
    Menu makanan utama/ buffet 700 Rp 25.000 Rp 17.500.000
    Menu sate 150 Rp 7.000 Rp 1.050.000
    Menu Siomay 150 Rp 7.000 Rp 1.050.000
    Menu es cream 3 galon 3 Rp 150.000 Rp 450.000
    Kue/ Jajanan Pasar 3 Rp 75.000 Rp 225.000
    Menu Bakso 150 Rp 6.000 Rp 900.000
    Menu Mpek-mpek 150 Rp 8.000 Rp 1.200.000
    Menu De Creps 150 Rp 8.000 Rp 1.200.000
    Menu sate Ayam 150 Rp 7.500 Rp 1.125.000

    3 DEKORASI
    Paket Pelaminan 1 paket Rp 15.000.000
    Kursi pengantin
    dekorasi pelaminan
    umbul-umbul jalan
    janur
    bunga rampai

    4 DOKUMENTASI
    Foto dan video paket 1 Rp 2.000.000

    5 AKAD NIKAH
    Biaya akad dan adsministrasi Rp 1.000.000
    transport penghulu Rp 250.000

    6 TATA RIAS 1 Paket Rp 12.000.000
    busana mempelai
    busana orang tua
    busana pendamping
    busana penerima tamu
    busana panitia
    baju ganti penantin

    Jumlah Rp 60.950.000

    IV. Rencana mutu
    Untuk memenuhi dan memuaskan keinginan pemangku hajat, kelaurga besar, kolega dan tamu undangan, maka saya selaku penyelenggara kegiatan ini telah mengupayakan terbaik dalam service layanan. Dalam hal jamuan makan, dekorasi ruangan, tata letak dan design, penyambutan tamu undangan, telah kami usahakan dari pihak-pihak yang memiliki reputasi dan tingkat profesionalitas yang terjaga. Dengan demikian, kemungkinan besar kualitas /layanan mutu yang disuguhkan memberikan kepuasan tersendiri bagi saya, pemangku hajat dan tamu undangan.
    V. Rencana resiko
    Resiko adalah hal yang lazim dan hampir selalu terjadi dalam s ebuah kegiatan. Namun demikian, setiap kemungkinan resiko yang muncul dapat dihindari dengan cara mengantisipasi dan mematangkan persiapan baik dari tenaga manusia, sarana, dan berbagai pendukung lainya. Walaupun kadang-kadang dalam sebuah prosesi pernikahan ada hal-hal yang terjadi diluar kendali dan akal manusia. Namun sesuatu yang bersifat teknis telah kami upayakan berjalan dengan baik dan seseuai dengan rencan aideal kami.
    VI. Rencana penerimaan
    Sumber keuangan pada penerimaan kegiatan ini sepenuhnya ditanggung oleh pemangku hajat dari ihak mempelai Wanita. Dengan begitu, semua pengeluaran yang berkaitan langsung maupun bersifat pendukung adalah menjadi tanggung jawab dan kewajiban dari pemangku hajat. Dengan begitu, semua pembiayaan yang saya keluarkan selaku panitia penyelenggara hanya bersumber dari pemangku hajat. Dan adapun pemasukan lain yang berkaitan dengan kegiatan ini, tidak termasuk kedalam rencana penerimaan yang menambah modal panitia dalam melakukan proses kegiatan.
    VII. Rencana komunikasi
    Untuk memperlancar komunikasi dan kelancaran pembagian tugas dari setiap unsur yang memiliki kepentingan dan kewajiban dalam event ini, maka saya selaku ketua panita telah memutuskan dan menyepakati berbagai kerjasama dengan pihak-pihak yang telah disebutkan sebagai mitra. Namun demikian, menjelang hari resepsi pernikahan ini, saya dari pihak panitia terus menjalin hubungan informasi agar tidak terjadi kelalaian atau keterlambatan atas pekerjaan dan pesanan yang sebelumnya telah disepakati.
    VIII. Rencana pengadaan
    Dalam proses pengadaan, kami selaku EO hanya menjalin kerjasama dengan pihak lain yang lebih berpengalaman dalam menagani bidang konsumsi/ Katering, dekorasi, tata rias, dll. Dengan begitu panitia telah membagi tugas sedemikian rupa, sehingga pengadaan kegiatan ini telah ditetapkan sesuai dengan pihak mana kerjasama disepakati.
    IX. Kontrak pemasok
    Pemasok dan kontrak yang telah disepakati dengan pihak panitia adala sebagai berikut ;
    1. Perlengkapan ditangani oleh Ibu Hj. Sri Endang R
    2. Dekorasi dan rias ruangan akan menjadi tanggung jawab Ibu Tien Suherlan
    3. Protokoler acara akad dan resepsi akan dipandu oleh Bpk. Asbullah Bacem
    4. Layanan dan penyajian Konsumsi telah disepakati dengan Bpk. Mustakim
    5. Rias pengantin dan keluarga mempelai menjadi tugas Ibu Lilis Maharani
    6. Kelancaran dan Keamanan rentetan kegiatan akan menjadi komando Bpk. Dendi Wijaya
    7. Dokumentasi dan pengabadian prosesi telah disepakatai dengan Asbudi dan Nissa (Joss Vizualisation)
    8. Pemimpin acara / MC telah menjadi tugas Eli Liyana
    9. Pengisi Hiburan dan kemeriahan ditangani oleh Organ Tunggal pimpinan Bpk. Siregar
    10. Perijinan : Bpk. Qori Ayatullah

    IMPLEMENTASI ACARA AKAD NIKAH DINA DAN DONI
    01 AGUSTUS 2010, AULA SERBAGUNA SYAHIDA Inn. UIN JAKARTA
    I. AKAD NIKAH
    No Waktu Acara Kegiatan Keterangan
    PERSIAPAN
    1 06.00 BERKUMPUL a. Seluruh panitia dan keluarga inti berkumpul Syahida Inn.
    b. Mas Kawin telah dibawa ke Syahida Inn. Penanggung Jawab Mas Kawin
    2 06.00 Rias a. periasan calon pengantin dan orang tua CPP & CPW Ruang Rias Syahida Inn.
    b. Periasan keluarga inti
    4 06.30 Penjemputan penghulu Menjemput penghulu ke KUA Seksi transportasi & penghulu
    5 06.45 memastikan ruangan akad nikah & resepsi Mengontrol kesiapan dekorasi, sound system, dan dokumentasi
    Seksi Dekorasi & Seksi Perlengkapan
    6 Persiapan dokumentasi Seksi dokumentasi
    7 Persiapan sound system + audio Seksi perlengkapan
    8 Persiapan perlengkapan Seksi perlengkapan
    9 Persiapan konsumsi Catering akad nikah bersiap-siap Seksi konsumsi
    10 07.00 Kesiapan Pengantin
    Pihak CPW bersiap-siap di dalam ruang rias
    11 Kesiapan MC a. MC Siap
    b. Qori & Saritilawah siap
    12 Kesiapan Penghulu Penghulu Siap
    Penasehat pernikahan siap
    AKAD NIKAH
    13 07.20 CPP & CPW Masuk ke ruang prosesi akad
    Saksi CPW adalah Bapak H Puraya A. Kadir, Saksi CPP adalah Bapak Drs. H. Husein Soeropranoto
    14 07.30 Setelah dipanggil, CPW menempati posisinya di meja akad nikah CPW dijemput/dibimbing oleh Ibu Ratna Darussalam & Ibu Emmy
    15 07.35 MC membuka acara Akad Setelah semua siap
    16 07.40 Pembacaan ayat suci AL Qur’an QS An-Nisa ayat 1 Dibacakan oleh
    Qori : Arina Haq
    Saritilawah : Handieni
    17 07.50 Akad Nikah Urutan acara: Dipimpin oleh penghulu
    a. lafaz ijab Kabul CPP
    b. penandatanganan buku nikah Kedua Mempelai
    c. penyerahan buku nikah Penanggung jawab akad nikah
    d. do’a oleh penghulu Dipimpin Penghulu
    18 08.15 Khutbah Nikah Penyampaian khutbah nikah Oleh: Penghulu
    19 08.20 Pemasangan cincin Kedua mempelai
    15 08.25 Sungkeman Mempelai melakukan sungkeman kepada kedua orangtua Dipandu MC
    16 08.30 Ramah tamah, foto bersama a. Pemberian selamat kepada mempelai Dipandu MC
    08.30-08.50 b. foto bersama keluarga inti & keluarga besar di Pelaminan Seksi dokumentasi menyerahkan list foto akad
    09.00 Pengantin berdandan c. dipersilahkan untuk coffee break Seksi konsumsi

    Impementasi acara resepsi pernikahan Dina dan Doni
    No Waktu Acara Kegiatan Keterangan
    PERSIAPAN
    1 09.30-10.00 Rias penerima tamu mulai dirias Ruang rias
    2 09.30-10.00 Rias Mempelai berganti dandanan Ruang rias
    Keluarga dan panitia berganti baju untuk pakaian resepsi
    3 10.15 Persiapan selesai a. penerima tamu telah siap dengan buku tamu, spidol, souvenir, kotak angpau yang telah terpasang plastik dan terkunci, tempat kado dan dekorasi meja Tamu: +/- 600 orang
    - sedia gembok dan kuncinya
    - koper
    4 b. Catering resepsi telah siap terhidang lengkap dgn dekorasi
    5 PENDAHULUAN
    Mempelai masuk keruang resepsi

    diiringi iringan lagu dan penari maroko, pengantin masuk ke dan langsung ke pelaminan sedangkan penari menari dengan Tarian
    6 10.30 - Usher & penerima tamu mulai berdiri menyambut tamu
    - Di Stage I di ruangan 3-4 org personil ) sudah bisa memainkan alat musik, pada saat MC hendak membuka acara,
    7 10.35 Acara dibuka MC Aula serbagua Syahida Inn.
    8 10.50 Ucapan Terimakasih Pengantin memberikan kata ucapan terimakasih kepada para tamu dan dilanjutkan dengan doa oleh Bapak Loemaksono Pelaminan Sayhida Inn.
    9 Pemain Musik Pada saat ucapan terimakasih selesai, Pemain Musik langsung memainkan alat musik
    10 11.00 Para tamu dipersilahan mencicipi hidangan Konsumsi dan katering
    11 11.20 Mempelai berganti baju pengantin kedua
    12 11.45 Lempar Bunga Pengantin melempar bunga
    - Dipandu oleh MC – Pemain Musik terus memainkan lagu
    -Penari sudah bersiap-siap untuk performance kedua
    13 Pemain Musik Memainkan alat musik untuk menghibur para tamu
    14 13.00 Usher Ganti Shift untuk Dinner Diatur oleh Koordinator SPG
    15 13.15 Foto Bersama Lihat Daftar List Foto Tamu
    16 14.00 Acara selesai Kedua mempelai, orang tua dan panitia menikmati makan siang di buffe VIP Lagu-lagu CD dimainkan

    17 13.30 Beres Beres a. pengembalian sanggul, kain dan seragam bapak2 kepada perias Lagu-lagu CD dimainkan
    b. pembungkusan makanan untuk dibawa oleh keluarga Lagu-lagu CD dimainkan
    c. angpau dan buku tamu dimasukkan ke dalam koper; bersama kado (jika ada) dimasukkan ke dalam mobil dan dibawa pulang Penanggungjawab angpau dan seksi transportasi
    d. Keluarga dan panitia pulang ke rumah masing-masing
    18 16.30 SELESAI

  2. Tulisan persembahan yang bagus, senang membacanya pak, dan terima kasih atas kebaikan telah menulis hal seperti yang sangat bermanfaat bagi saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s